Jumat, 25 Maret 2011

Bagaimana menyelesaikan konflik dengan seseorang?


Ketika seseorang mempunyai masalah dengan orang lain, entah itu keluarga, kekasih, maupun kawan, solusi yang tepat dalam memecahkan masalah tersebut adalah berkomunikasi. Nah, bagaimana berkomunikasi itu dilakukan agar tidak menimbulkan masalah baru atau kesalah pahaman. Karena terkadang ketika kita berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah justru menimbulkan masalah baru yang dapat memperburuk keadaan. Ada beberapa cara berkomunikasi untuk memecahkan masalah agar tidak menambah masalah dengan masalah baru :
1.      Pilih waktu yang tepat
Sebaiknyna untuk memulai berkomunikasi kita harus memperhatikan kondisi dan waktu yang tepat, jangan kita tergesa –gesa untuk memulainya. Lihat kondisi orang itu, apakah dia dalam suasana hati yang baik atau tidak, dalam keadaan sibuk  atau sedang bersantai. Kita memilih waktu yang dimana kita dapat berbicara dengan santai dam dapat saling memperhatikan suasana hati masing –masing. Agar apa yang akan kita sampaikan nanti tepat dan terarah untuk membicarakan masalah tersebut.
2.      Berikan senyuman terbaikmmu
Awali pertemuan atau pembicaraan dengan meberikan senyuman, karena dengan itu persepsi awal yang timbul adalah niat baik kita untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Dengan itu pihak yang akan kita ajak berkomunikasi akan manyambut dengan sikap baik pula. Dan akan menimbulkan suasana yang santai dan tidak adanya ketegangan.
3.      Saling mendengarkan
Ketika kita sudah mulai membicarakan masalah yang kita selesaikan tersebut, dengarkan baik –baik setiap perkataan lawan bicara kita, tunjukkan dengan sikap yang sungguh –sungguh dalam mendengarkan perkataanya. Usahakan jangan sampai menyela atau menyangkal setiap perkataanya, dengarkan dengan baik hingga ia selesai menyelesaikan perkataanya baru kita kita jawab atau berganti berbicara. Agar nantinya apa yang disampaikan dapat dipahami keduannya.
4.      Fokus kepada masalah
Fokuslah pada masalah inti yang akan kita selesaikan. Jangan mengaitkan masalah inti dengan masalah lain, karena hal ini akan dapat memperburuk keadaan. Oleh karena itu arahkan pembicaraan pada masalah yang akan diselesaikan, agar tujuan yang akan kita capai dalam penyelesaian masalah ini tercapai dan tidak menjalar dengan masalah lain atau masalah baru.
5.      Buat solusi dan kesimpulan
Inti dari berkomunikasi kita ini adalah untuk mencari solusi masalah. Mendiskusikan bersama untuk mencari jalan keluar yang terbaik, hindari ego masing –masing dengan tidak saling menyalahkan dan jangan mencari kelemahan masing –masing untuk mencari –cari siapa yang salah,

(sike mart riskatd. Mahasiswa PGSD UNY 2008)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar